Selasa, 04 September 2012

Cara Pemasangan Processor beserta Pendinginnya

Cara Pemasangan Processor beserta Pendinginnya

cara memasang prosesor pada komputer






socket yang tertanam pada motherboard untuk pemasangan prosesor biasanya mudah terlihat dan transparan

berikut cara pemasangan prosesor pada socket :
  1. Buka tungkai atau pengait pengunci pada socket zif yang ada di motherboard dengan menarik tungkai socketnya ke atas sampai membentuk sudut 90 derajat.
  2. Masukan prosesor ke dalam socket dengan menjaga keadaan tungkai socket.perhatikan agar kaki-kaki prosesor dalam kondisi benar-benar tertancap pada socket.
  3. Selanjutnya, tekan prosesor ke bawah sampai pada posisi yang tepat dan benar.
  4. Jika prosesor selesai tertanam pada socket kembalikan tutup tungkai socket ke posisi semula.
  5. Setelah prosesor terpasang socketnya pasang heatsink fan dan pengikatnya yang ada di heatsink dengan pengait yang ada di socket prosesor.
  6. sebelum itu biasanya di beri lem pendingin (thermal paste) untuk di oleskan di atas permukaan prosesor.
  7. setelah heahsink fan terpasang dengan benar. hubungkan kabel heatsink fan dengan dengan konektor power suplay-CPU-fan yang berada di motherboard . Memasang Heatsink
    Install A CPU
     Ambilah Thermal Paste dan lekatkan secukupnya pada bagian atas CPU.
    Install A CPU
     Thermal Paste merupakan media yang menghubungkan Heatsink dengan CPU agar lebih memudahkan transfer panas dari suatu CPU ke pendingin/Heatsing.
    Install A CPU
     Setelah melapisi permukaan atas dengan pasta maka letakanlah Heatsink di atas CPU. Anda akan melihat 4 pins pada pada masing-masing pojok suatu heatsink.. Hal ini merupakan pengait yang akan menempel pada lubah yang ada pada motherboard.
    Install A CPU
     Perhatikan empat lubang di motherboard - sedangkan orientasi dari heatsink dapat ke arah mana saja. Pilih dari masing-masing dari 2 pins secara diagonal, kemudian tekan ke bawah secara bersamaan. Tekan sampai anda mendengar bunyi "click". Pin akan mengunci ketika kaki-kaki pin telah masuk ke motherboard.
    Install A CPU Install A CPU
    Pada dua gambar ini anda dapat melihat pins yang dimaksud, Yang pertama yang tidak terkunci, dan yang kedua dalam keadaan terkunci.
    Install A CPU
     Terakhir, sambungkan kabel power connector dari kipas / fan pada heatsink dengan sambungannya pada motherboard. Petunjuknya dapat dilihat pada label/keterangan tulisan " CPU Fan " pada motherboard.
     
    Install A CPU
    Inilah hasilnya! .
    Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gel penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.  
    CPU Heat Sink CPU Cooling

Keselamatan Kerja

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perakitan PC, yaitu memperhatikan keselamatan kerja perakitan komputer. Hal-hal tersebut meliputi :

-Pastikan tangan dalam kondisi kering
-Gunakan peralatan sebagaimana fungsinya
-Hindari memegang langsung chip IC pada komponen, seperti prosesor dan motherboard untuk menghindari listrik statis pada tubuh kita
-Gunakan alas kaki dari karet atau melakukan perakitan di atas karpet untuk menghindari kejutan listrik
-Hindari menggunakan perhiasan dari logam seperti cincin, gelang dan jam tangan.
-Sebaiknya lakukan perakitan PC di ruangan tertutup dan bebas debu. Idealnya sih memang di ruangan ber-AC (air condition).
-Siapkan meja kerja yang cukup lebar untuk menaruh semua peralatan dan perlengkapan, serta taruh sebuah kursi yang nyaman.
-Jangan merokok, karena abu rokok bisa mengotori dan merusak komponen PC, terutama prosesor. Tempatkan air minum Anda jauh dari meja kerja.
-Gunakan pula lampu penerangan yang cukup kuat.

2 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya,kunjungi kami di http://www.unsri.ac.id

    BalasHapus